Minggu, 09 Desember 2012

PENYAKIT HODGKIN


Seperti limfoma lainnya penyakit hodggkin adalah penyakit keganasa tanpa diketahui penyebabnya yang bersal dari system limfatika dan terutama melibabatkan nodus limfe. Biasana lebih sering terjadi pada peria dibandingkan wanita danmempunyai ddua puncak insidensi; sato pada awal-20an dan  lain pada usia 50. Karena kebanyakan manifestasinya serupa dengan infeksi, maka harus dilakukan ppemeriksaan diagnostic untuk menyingkirkan adanya infeksi.
Sel ganas penyakit Hodgkin adalah “ reed sternburg cells”. Suatu sel tumor raksasa yang khas, dengan morfologi unik dan batas sel tidak jelas. Sel ini merupakan tanda patologis dan merupakan kretiria diagnostic yang peting pada penyakit Hodgkin.
Penyakit hogkin biasanya diklasifikasikan berdasarkan pada kreteria patologi yang mencerminkan drajat keganasan dan mengarahkan pda prognoosisinya. Apabila limfosit mendominasi, misalnya, dengan sel reed sternbuurg dan keterlibatan minimal nodus. Prognosisnya jauh lebih baik dari pada jumlah limfositnya rendah dan semua nodus limfe digantikan oleh sel tumor jenis primitive. Kebenyakan pasien berada dalam posisi antara jumlah dan sifat merusak sel tumornya., drajat respo tehadap terapi, dan prognosis keseluruhan.   

0 komentar:

Posting Komentar